Penyuluhan Hukum dan Penerangan Hukum Program Jaksa Masuk Sekolah

Kamis, 10 Oktober 2019 SMPN 15 Malang menerima penyuluhan dari pemateri yang menarik. Pemateri tersebut berasal dari Kejaksaan Negeri Kota Malang. Ada 7 orang pemateri yang hadir dan membagikan ilmu dan pengalamannya kepada SATGAS Anti Narkoba dan siswa kelas 8I serta 7H. Kehadiran para jaksa ini merupakan hal baru si SMPN 15 Malang dan tentu para siswa sangat antusias untuk mengikuti kegiatan penyuluhan ini.

Acara ini dibuka dengan sambutan Bapak Kepala Sekolah, Agus Wahyudi, S.Pd, M.Pd dan salah satu perwakilan dari kejaksaan. Materi yang disampaikan antara lain mengenai tugas-tugas jaksa, proses peradilan di kejaksaan, dan juga tentang bahaya narkoba serta hukuman yang mengintai. Para siswa antusias memberikan pertanyaan pada sesi tanya jawab. Setiap siswa yang berani bertanya akan diberikan reward berupa souvenir dan cokelat. hal tersebut semakin membuat siswa bersemangat untuk lebih banyak tahu dari materi yang telah disampaikan.

Pertanyaan yang diberikan pada pihak kejaksaanpun beragam, mulai dari cara agar dapat menjadi jaksa, hukuman untuk remaja yang kedapatan menggunakan narkoba, dan banyak lagi. Ada sekitar 3 sesi pertanyaan yang diadakan. setelah sesi pertanyaan usai, secara bergantian pihak kejaksaan memberikan pertanyaan bagi siswa. Acara diakhiri dengan penyerahan cinderamata berupa topeng dan kompos karya siswa yang diserahkan oleh Bapak Kepala Sekolah. Selanjutnya acara ditutup dengan foto bersama guru penggiat anti Narkoba, Satgas Anti Narkoba, dan siswa kelas 7H serta 8I.