Kebhinekaan dalam Sumpah Pemuda

SMP Negeri 15 Malang menyelenggarakan acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang disertai dengan upacara dan lomba fashion show pakaian adat  pada 28 Oktober 2019 lalu. Upacara sekaligus lomba fashion show pakaian adat ini dilaksanakan di lapangan basket dan gazebo SMP Negeri 15 Malang, Drs. Suhariyono sebagai pembina upacara dan FORTU (Forum Orangtua) sebagai juri lombanya.

“Oleh sebab itu, mari kita jaga baik-baik, kita jauhkan dari semua usaha yang mencoba untuk memecah belah bangsa kita, jauhkan dari semua pikiran-pikiran saling bermusuhan satu sama lain, Kita kelola perbedaan itu dengan baik sehingga menghasilkan suatu keragaman,” tutup Drs. Suhariyono  dalam pembinaan upacara ini.. Konsep Bhineka Tunggal Ika merupakan kesatuan dalam keberagaman. Kita memiliki satu masa depan, jadi walau berbeda-beda, namun kita membangun masa depan Indonesia bersama-sama dalam satu semangat nasionalisme.

Bangsa Indonesia berdiri atas suatu gagasan dari para pemuda yang mereka tuangkan dan angkat menjadi suatu sumpah, yaitu Sumpah Pemuda. Pada upacara ini, seluruh warga SMP Negeri 15 Malang mengulang pernyataan sumpah ini, di pandu oleh Berliana kelas VIIIG. Generasi muda saat ini ditantang untuk mengambil bagian untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik. Dalam penggunaan media sosial, generasi muda wajib menjadikannya sebagai alat untuk litrerasi yang mendukung pembelajaran di era industri 4.0, serta memberikan ide positif dan memberikan dampak positif dalam penggunaanya untuk memajukan Indonesia. @ari