INFORMASI PPDB ONLINE DAN OFFLINE PROVINSI JATIM 2017

A.     KETENTUAN UMUM PENDAFTARAN

  1. Calon peserta didik baru harus mempertimbangkan jarak tempat tinggal dengan sekolah tujuan. 
  2. Calon Peserta Didik hanya diijinkan mendaftar sekali,  dan setelah terdaftar tidak dapat mencabut kembali,  untuk setiap jalur pendaftarannya: 
  3. Calon Peserta didik hanya dapat memilih 1(satu)  jenis sekolah tujuan saja yaitu SMA atau SMK. 
  4. Calon Peserta Didik yang diterima di sekolah tujuan,  wajib menaati pelaksanaan Wawasan Wiyata Mandala,  termasuk ketentuan peraturan sekolah yang berlaku dan membuat surat pernyataan yang ditetapkan kemudian oleh masing-masing sekolah. 
  5. Calon Peserta Didik yang telah diterima (lulus seleksi)  wajib mendaftar ulang dengan menyerahkan tanda bukti pendaftaran sesuai jadwal yang ditentukan.
  6. Apabila calon Peserta Didik yang diterima tidak mendaftar ulang sesuai jadwal yang ditentukan,  calon Peserta Didik tersebut dinyatakan mengundurkan diri. 
  7. Bagi yang sudah diterima di salah satu jalur tidak dapat mendaftar di jalur yang lain. 
  8. Untuk daerah dan program keahlian tertentu yang memiliki kekhususan akan diperlakukan ketentuan tersendiri. 
  9. Kartu Keluarga(KK)  yang digunakan untuk syarat kelengkapan pendaftaran adalah KK yang diterbitkan minimal 1 Januari 2016.
  10. Penerimaan Peserta Didik Baru dengan sistem online di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur untuk Tahun Pelajaran 2017/2018 pada SMA,  SMK,  dan SLB tidak dipungut biaya
  11. Untuk penentuan hasil offline dilakukan penetapan oleh Tim Verifikator sekolah SMA/SMK Negeri diketahui Kepala Cabang Dinas.

B.    JALUR PENDAFTARAN

1.      Jalur Prestasi

a.    Calon Peserta didik Jalur ini diperuntukkan bagi peserta didik yang mempunyai prestasi akademis dan non akademis;

b.    Prestasi yang diakui dan diperhitungkan adalah prestasi dari kejuaraan yang diselenggarakan oleh Pemerintah atau lembaga yang diakui dan yang bekerjasama dengan pemerintah bersifat berjenjang mulai tingkat Kabupaten/Kota,  Provinsi sampai dengan Nasional atau Internasional;

c.     Menyerahkan foto copy SHUN atau Surat keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal dengan menunjukkan aslinya; 

2.      Jalur Mitra Warga

a.       Calon Peserta didik Jalur ini diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari kalangan keluarga miskin/ Prasejahtera

b.      Calon Peserta Didik diberi kesempatan untuk mendaftar pada sekolah SMAN atau SMKN dituju dan yang berdekatan dengan tempat tinggalnya:

c.       Syarat untuk calon peserta untuk Jalur Mitra Warga mempersiapkan berkas:

1)    Menyerahkan foto copy SHUN atau Surat keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal dengan menunjukkan aslinya:

2)    Surat keterangan tidak mampu(SKTM)  dari Kelurahan/Desa atau;

3)    Foto copy Kartu Indonesia Pintar(KIP)  Kartu Jamkesmas/Kartu Gakin; 

4)    Foto copy Kartu Keluarga

d.       Akan dilakukan survei ke tempat tinggal Peserta didik oleh Panitia Sekolah

3.      Jalur Bidik Misi Pendidikan Menengah

a.       Calon Peserta didik Jalur ini diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari kalangan keluarga miskin

b.      Calon Peserta Didik diberi kesempatan untuk mendaftar pada sekolah SMAN atau SMKN dituju dan yang berdekatan dengan tempat tinggalnya;

c.       Calon peserta didik yang mempunyai prestasi dibuktikan dari nilai UN (Ujian Nasional); 

d.      Jalur Bidik Misi akan diseleksi berdasarkan nilal UN dengan nilai rata-rata 8,5(delapan koma lima)  dan tidak ada nilai dibawah 7,0(tujuh koma nol)  untuk setiap mapelnya; 

e.      Syarat untuk calon peserta dari Jalur Bidik Misi Pendidikan Menengah mempersiapkan berkas:

1)      Foto copy SHUN dan menunjukkan aslinya atau menyerahkan Surat keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal

2)      Surat keterangan tidak mampu (SKTM)  dari Kelurahan/Desa atau

3)      Foto copy Kartu Indonesia Pintar (KIP)  Kartu Jamkesmas Kartu Gakin:

4)      Foto copy Kartu Keluarga

f.        Calon peserta didik datang ke sekolah SMAN atau SMKN dengan membawa berkas persyaratan tersebut yang akan dilayani secara offline/manual. 

g.        Peserta didik setelah diterima akan dilakukan survey ke tempat tinggal.

4.      Jalur Inklusif

a.       Bagi peserta didik yang mengalami hambatan berat, maka peserta didik disarankan mendaftar ke SLB

b.      Peserta didik melampirkan hasil asesmen awal (asesmen fisik Psikologis,  Akademik,  Fungsional,  Sensori dan Motorik)  yang dikeluarkan oleh lembaga Psikologi atau ahli yang berwenang

c.        Prioritas diberikan kepada peserta didik berkebutuhan khusus yang tempat tinggalnya paling dekat dengan sekolah penyelenggara pendidikan inklusif tanpa membedakan status ekonomi dan Ketunaan/  Kekhususannya. 

5.      Jalur Umum Reguler(Online). 

Calon peserta didik baru reguler adalah calon peserta didik yang akan melakukan pendaftaran secara mandiri dan melalui jaringan online ke sekolah SMAN atau SMKN yang dituju sebagai berikut: 

a.       Bagi Calon Peserta Didik Baru Lulusan dari SMP, SMP Terbuka, MTs, Tahun Pelajaran 2016/2017 menunjukkan bukti Nomor UN(Kartu Peserta UN)  dan KK,  untuk melakukan registrasi guna mendapatkan PIN Password Token ke SMAN atau SMKN terdekat di wilayah Provinsi Jawa Timur; 

b.      Sedangkan bagi Calon Peserta Didik Baru yang berasal dari luar Kab/Kota,  luar Provinsi Jawa Timur,  Sekolah Indonesia di luar negeri,  lulusan Tahun Pelajaran 2016/2017 dan sebelumnya serta lulusan Kejar Paket B,  terlebih dahulu melakukan registrasi ke SMAN atau SMKN yang mengikuti Penerimaan Peserta Didik Baru Online,  dengan menyerahkan:

1)Kartu Keluarga (KK)  Asli,

2)fotocopy SHUN/ surat keterangan untuk kelulusan dari sekolah yang asli untuk mendapatkan PIN/ password/ Token.

C.     PERSYARATAN PESERTA

1.      Sekolah menengah Atas (SMA):

a.       Telah lulus SMP,  SMP Terbuka,  SMPLB dan MTs,  memiliki ijazah dan STL/STK atau Surat Keterangan Lulus dari sekolah untuk lulusan pada tahun pelajaran 2016/2017 dan sebelumnya;

b.      Program Paket B memiliki ijasah dan STL Program Paket B Setara SMP Lulus pada tahun pelajaran 2016/2017 dan sebelumnya.

c.       Berusia maksimal 21 tahun pada saat awal tahun pelajaran 2017/2018 (tanggal 17 Juli 2017).

d.       Tidak sedang teribat dalam tindak pidana,  narkoba,  bertato dan bertindik.

2.      Sekolah Menengah Kejuruan(SMK): 

a.       Telah lulus SMAP,  SMP Terbuka,  SMPLB dan MTs,  memiliki ijazah dan STL/STK atau Surat Keterangan Lulus dari sekolah(disertal nilai ujian nasional)  untuk lulusan pada tahun pelajaran 2016/2017 dan sebelumnya;

b.      Program Paket B memiliki ijasah dan STL Program Paket B Setara SMP Lulus pada tahun pelajaran 2016/2017 dan sebelumnya. 

c.       Berusia maksimal 21 tahun pada saat awal tahun pelajaran 2017/2018(tanggal 17 Juli 2017). 

d.      Tidak sedang terlibat dalam tindak pidana,  narkoba,  bertato dan bertindik.

e.      Memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan spesifik bidang/program keahlian di sekolah yang dituju. 

f.        Terkait dengan point e tersebut calon poserta didik yang telah diterima wajib: 

1)Mengikuti tes bakat dan minat yang dilaksanakan oleh sekolah bersama institusi pasangan.

2) Menyerahkan hasil tes kesehatan (tidak buta warna)  dari dokter Pemerintah khususnya untuk bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa,  Teknologi Informasi dan Komunikasi.

D.     TAHAPAN PENDAFTARAN

1.      Jalur Prestasi

a.       Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan panitia;

b.      Menyerahkan foto copy SHUN atau Surat keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal dengan menunjukkan aslinya. 

c.       Untuk peserta wajib menyerahkan:

1)     Piagam/sertifikat asli dilengkapi dokumentasi(foto)  sesuai dengan prestasi yang dimiliki di bidang akademik atau non akademik minimal tingkat Kabupaten/Kota. 

2)     Surat keterangan berprestasi dari sekolah. 

3)     Kejuaraan beregu maksimal diikuti 3 orang peserta. 

4)     Sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga yang diakui oleh pemerintah RI.

5)     Bagi Tunagrahita dan hambatan perkembangan seperti ASD(autistic spectrum disorder).  ADHD Learning Disability,  Lambat Belajar,  hambatan bahasa,  hambatan social dan emosi,  dan sejenisnya,  menyertakan hasil pemeriksaan psikologis dari psikolog atau psikiater. 

6)     Bagi Tunadaksa,  hambatan gerak,  dan gangguan kesehatan menyertakan hasil pemeriksaan dari dokter. 

d.      Identifikasi dan asesmen untuk menentukan kelayakan bagi peserta didik berkebutuhan khusus dilakukan oleh tim asesmen yang dibentuk pihak sekolah dengan pengawasan dari Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah kabupaten/kota setempat.

e.      Sekolah penyelenggara pendidkan inklusif mengumumkan kuota peserta didik berkebutuhan khusus yang akan diterima.

f.         Prioritas penerimaan peserta didik berkebutuhan khusus diberikan kepada peserta didik yang tempat tinggalnya paling dekat dengan sekolah.

2.    Jalur Reguler

Pendaftaran dapat dilakukan secara mandiri di salah satu sekolah yang terdaftar dalam Penerimaan Peserta Didik Online di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 oleh calon Peserta Didik sendiri / orang tua /wali melalui portal ppdb.dindik.jatimprov.go.id atau ppdbjatim.net

E.     PEMILIHAN SEKOLAH TUJUAN

1.       Pemilihan sekolah tujuan SMA: 

a.       Calon peserta didik mendapatkan Token yang diperoleh dari kantor Cabang Dinas pendidikan SMA Negeri terdekat sesuai jadwal yang telah ditentukan.

b.      Calon Peserta Didik melaksanakan pendaftaran dengan membuka Website PPDB di alamat:  www.ppdbjatim.net

c.       Calon Peserta Didik memilih 2(dua)  sekolah sebagai sekolah tujuan dari 3(tiga)  alternatif yang tersedia sebagai berikut: 

1)    Pilihan pertama pada sekolah didalam zona ( sekolah terdekat dengan domisili/KK)  dan pilihan kedua sekolah didalam zona pada sekolah diluar zona.

2)    Pilihan pertama pada sekolah didalam zona (sekolah terdekat dengan domisili/KK)  dan pilihan kedua diluar zona.

3)    Pilhan pertama pada sekolah diluar zona dan pilihan kedua pada sekolah didalam zona (sekolah terdekat dengan domisili).

d.       Calon Peserta Didlk hanya diijinkan mendaftar sekali,  dan setelah terdaftar tidak dapat mencabut kembali pendaftarannya.

2.  Pemilihan sekolah tujuan SMK:

a.       Calon peserta didik mendapatkan PIN/Token yang diperoleh dari kantor Cabang Dinas pendidikan SMK Negeri terdekat sesuai jadwal yang telah ditentukan. 

b.      Calon Peserta Didik melaksanakan pendaftaran dengan membuka Website PPDB di alamat:  www.ppdbjatim.net

c.       Calon Peserta Didik memilih 2(dua)  sekolah sebagai sekolah tujuan dari 2(dua)  alternatif yang tersedia sebagal berikut:

1)     Pilihan pertama dan pilihan kedua berada dalam satu sekolah. 

2)     Pilihan pertama dan pilihan kedua berada dalam sekolah yang berbeda.

d.      Calon Peserta Didik hanya diijinkan mendaftar sekali.  dan setelah terdaftar tidak dapat mencabut kembali pendaftarannya.

F.       DASAR DAN CARA SELEKSI JALUR UMUM/REGULER

 Seleksi Penerimaan Peserta Didik dilakukan berdasarkan pada:

1.       Untuk SMA/SMK berdasarkan jumlah total Nilai ujian Nasional(NUN). 

2.       Apabila jumlah total nilai UN sama,  maka dilakukan urutan sebagai berikut:

a.       Matematika, 

b.      IPA, 

c.       Bahasa Inggris, 

d.      Bahasa Indonesia,

e.       Waktu Pendaftaran(berdasarkan urutan waktu mendaftar)

G.   PEMBAGIAN ZONA DI WILAYAH MALANG

              1. Kota Malang

ZONA NAMA LEMBAGA
I SMAN 4 MALANGSMAN 5 MALANGSMAN 7 MALANG
II SMAN 1 MALANGSMAN 8 MALANGSMAN 9 MALANG
III SMAN 2 MALANGSMAN 3 MALANGSMAN 6 MALANGSMAN 10 MALANG

           2. Kabupaten Malang 

ZONA NAMA LEMBAGA
I SMAN 1 LAWANGSMAN 1 SINGOSARI
II SMAN 1 KEPANJENSMAN 1 PAGAKSMAN 1 SUMBERMANJINGSMAN 1 SUMBER PUCUNG
III SMAN 1 GONDANGLEGISMAN 1 BANTUR
IV SMAN 1 BULULAWANGSMAN 1 TURENSMAN 1 DAMPIT
V SMAN 1 NGANTANG
VI SMAN 1 TUMPANG

JADWAL KEGIATAN PPDB ONLINE DAN OFFLINE PROVINSI JATIM 2017

No Kegiatan Tanggal Jam Tempat & Keterangan
1 Pendaftaran Offline Peserta Didik untuk Jalur Prestasi, Mitra Warga, Bidik Misi, dan Inklusif 12 – 14 Juni 2017 08.00 – 14.00 WIB SMA/SMK Negeri
Verifikasi dan Validasi  14 – 16 Juni 2017 TIM SMA/SMK Negeri
Pengumuman  17 Juni 2017 08.00 WIB SMA/SMK Negeri
Daftar Ulang Jalur Offline 17 – 19 Juni 2017 08.00 – 14.00 WIB SMA/SMK Negeri
2 Pengambilan PIN/Token 05-22 Juni 2017 08.00 – 14.00 WIB SMA/SMK Negeri
Simulasi PPDB Online 05-22 Juni 2017 24 Jam Internet Online
3 Pendaftaran Jalur Umum (Online) 03 – 06 Juli 2017 24 jam Internet Online
4 Penutupan Pendaftaran Online Jalur Umum 06 Juli 2017 24.00 WIB Internet Online
5 Pengumuman Hasil PPDB  07 Juli 2017 00.30 WIB Internet Online
6 Daftar Ulang 07 – 08 Juli 2017 08.00 – 15.00 WIB SMA/SMK Negeri tujuan
7 Hari Pertama Masuk Sekolah 17 Juli 2017 SMA/SMK Negeri tujuan