One For Fifteen

PROPOSAL
 
PROGRAM “ONE FOR FIFTEEN”
PENGADAAN KOMPUTER ATAU LAPTOP
DALAM RANGKA MENSUKSESKAN UNBK TAHUN 2018
DAN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
SMP NEGERI 15 MALANG
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
SMP NEGERI 15
Jalan Bukit Dieng T/8 (0341) 571715
M A L A N G
 
BAB I
PENDAHULUAN
 
 
A. Latar Belakang
Undang- Undang Sisdiknas pasal 57 ayat (2) dinyatakan bahwa mutu pendidikan didasarkan pada evaluasi yang dilakukan terhadap peserta didik, lembaga dan program pendidikan pada jalur formal dan non formal untuk semua jenjang satuan dan jenis pendidikan. Dalam Pasal 1 ayat 21 menyatakan bahwa evaluasi pendidikan adalah kegiatan pengendalian, penetapan mutu pendidikan terhadap berbagai komponen pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggung jawaban penyelenggaraan pendidikan. Guna mengimplementasikan pasal 1 ayat 21 tersebut maka pemerintah mengeluarkan permendikbud no 3 tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh satuan pendidikan.
Guna mendukung tercapainya Standar Pendidikan Nasional tersebut di atas, diperlukan sarana prasarana pendukung yang secara fisik layak untuk proses belajar mengajar dan mensukseskan UNBK dengan lancar. Sehingga diperlukan ketersediaan komputer dan atau laptop di sekolah. Berdasarkan pelaksanaan UNBK tahun 2017, siswa harus mengikuti UNBK di sekolah lain, ternyata memiliki kendala baik material maupun spiritual siswa. Sehingga dipandang perlu SMP Negeri 15 Malang untuk melaksanakan UNBK secara mandiri.
Sebagian besar siswa SMP Negeri 15 Malang berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah, yang bermata pencaharian sebagai buruh pabrik, tukang bangunan, dan swasta lain, dengan tingkat kepemilikan komputer atau laptop di rumah yang masih sangat rendah. Sehingga berdampak terhadap rendahnya kemampuan siswa dalam mengoperasikan komputer atau laptop. Padahal dalam pelaksanaan UNBK menuntut siswa untuk bisa mengerjakan soal – soal ujian  melalui  komputer atau laptop secara online.
Berdasarkan peraturan pelaksanaan UNBK syarat yang harus dipenuhi adalah sekolah harus memiliki sarana prasarana yaitu komputer personal(PC) atau laptop sebagai client dengan rasio jumlah clientdibanding jumlah peserta minimal 1:3 serta client cadangan minimal 10%. Untuk pelaksanaan UNBK tahun 2018, Jumlah siswa kelas IX yang akan mengikuti UNBK berjumlah 279 siswa. Ketersediaan komputer di ruang LAB Komputer sejumlah 45 unit yang diperoleh dari bantuan pemerintah dan pinjaman laptop dari Bapak dan Ibu guru sejumlah 10 unit. Berdasarkan rasio perbandingan jumlah siswa dengan ketersediaan  komputer yang ada di sekolah berarti belum memadai, sehingga sekolah masih membutuhkan komputer atau laptop sejumlah 55 unit.
Berdasarkan hal tersebut di atas, SMP Negeri 15 Malang bermaksud mengajukan permohonan pengadaan komputer atau laptop kepada masyarakat, alumni SMP Negeri 15 Malang, dan stake holder lainnya, untuk mensukseskan pelaksanaan UNBK tahun 2018 dan upaya kami untuk meningkatkan mutu pendidikan. Harapan kami, para alumni dapat berperan sebagai katalisator yang mempunyai hubungan emosional yang kuat dalam kaitannya untuk memajukan dan meningkatkan mutu pendidikan dan pengembangan berbagai kegiatan produktif di sekolah, yang tentunya bisa menjadi amal jariyah para alumni.
 
B. Tujuan
Tujuan Umum
1. Untuk memenuhi sarana Standar Nasional Pendidikan.
2. Untuk melengkapi sarana prasarana pembelajaran di SMP Negeri 15 Malang.
3. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di SMP Negeri 15 Malang.
4. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
5. Pengembangan e-edukasi sebagai upaya mengembangkan penyelenggaraan pendidikan yang berbasis ICT dan UNBK dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik secara efektif dan efisien.
6. Mendukung program adiwiyata yang berupa paperless.
 
Tujuan Khusus
1. Untuk mensukseskan UNBK tahun 2018.
2. Untuk meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa.
 
C. Manfaat
1. Melatih dan membiasakan siswa mengerjakan soal ujian berbasis CBT.
2. Mempermudah proses pembelajaran.
3. Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa.
4. SMP N 15 Malang bisa menjadi sekolah favorit di lingkungan Kota Malang dan sekitarnya.
 
D. Sumber Dana
            Untuk mensukseskan pelaksanaan UNBK tahun 2018 dan memenuhi kekurangan komputer atau laptop sejumlah 55 unit, akan menggunakan dana yang berasal dari masyarakat terutama orang tua, alumni, dan stake holder lainnya.
            Ketersediaan dana yang ada hingga saat ini dari partisipasi masyarakat terutama orang tua sejumlah Rp. 22.000.000,-  (Dua puluh dua juta rupiah).
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
BAB II
PROFIL SEKOLAH
DAN KEBUTUHAN KOMPUTER /  LAPTOP
 
A. Profil Sekolah
1. Nama Sekolah                            : SMP Negeri 15 Malang
2. Alamat                                        : Jl. Bukit Dieng T/8 Malang
3. No Telp                                      : (0341) 571715
4. Nama Kepala Sekolah                : Agus Wahyudi, S.Pd, M.Pd
5. Kategori Sekolah                        : SSN
6. Tahun Pendirian                         : 1984
7. Kepemilikan Tanah / Status       : Milik Pemerintah
8. Luas Tanah                                 : 10.800 m²
9. Luas Bangunan                          : 3761 m²
10. Jumlah Ruang Kelas dan ruang lainnya : 37 ruang
11. Jumlah murid                            : 855 siswa
12. Slogan Sekolah                         : Taqwa, Cerdas, Terampil, Berkarakter
13. Prestasi Sekolah                       : Terlampir
 
B. Analisis Kebutuhan Komputer atau Laptop
            Kebutuhan sarana prasarana yang saat ini mendesak dan harus dipenuhi adalah pengadaan komputer atau laptop untuk pelaksanaan kegiatan UNBK tahun 2018 bagi siswa kelas IX yang akan dilaksanakan pada bulan April tahun 2018. Ketersediaan komputer atau laptop yang belum terpenuhi sejumlah 55 unit, dari 105 unit yang dibutuhkan.
 
C. Potensi Sekolah dan Prioritas Pemenuhan Kebutuhan Komputer atau Laptop
            SMP Negeri 15 Malang yang terletak di daerah perbatasan antara kota Malang dan Kabupaten Malang, merupakan sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2017. Berdasarkan input siswanya, sekolah ini termasuk dalam kategori input nilai akademik yang rendah di Kota Malang. Dengan latar belakang kehidupan ekonomi keluarga yang tergolong rendah, dengan tingkat kepemilikan komputer atau laptop pada siswa masih sangat rendah. Sebagaimana tuntutan jaman dan kebijakan pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan sarana prasarana komputer atau laptop, yang dalam hal ini belum dapat terpenuhi secara maksimal di sekolah dalam menunjang proses pembelajaran.
            Namun demikian, sekolah ini mempunyai program unggulan disamping berupaya meningkatkan prestasi akademik yaitu mengantarkan siswa siswi menjadi siswa yang Taqwa, Cerdas, Terampil, Berkarakter sesuai dengan slogan sekolah.Sekolah ini telah sukses meraih predikat sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri yang tentunya sudah melalui proses yang cukup panjang dan usaha keras para stake holder dalam mewujudkan generasi yang memiliki karakter peduli lingkungan. Disamping keberhasilan meraih predikat sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri, SMP Negeri 15 Malang unggul dalam bidang non akademik seperti olah raga futsal, kepramukaan dan bidang non akademik lain yang terbukti dari berbagai prestasi gemilang dalam setiap event baik di tingkat kota maupun propinsi.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
BAB III
RENCANA PELAKSANAAN PENGADAAN KOMPUTER / LAPTOP
 
A. Panitia Pengadaan Komputer/ Laptop.
No
Jabatan
Unit Kerja/ Unsur1
Nama
1.
Penanggung Jawab
1.   Kepala Sekolah
2. Komite Sekolah
1. Agus Wahyudi, S.Pd, M.Pd.
2. Drs. Gatot Soekardi.
2.
Ketua
Waka bid Humas dan Kesiswaan
Dra. Puji Sumartini
3.
Sekretaris
Waka bid Sarana Prasarana
Ahmad Zuhdi, S.Pd
4.
Bendahara
Bendahara Umum
Nurul Hidayah, S.Pd
5.
Tenaga Teknisi
Guru dan Tata Usaha
1. Hadi Muslikh, S.Pd
2. Priyo Tamam Hadi, ST
3. Zaenal Muttaqin
 
B. Rencana Kebutuhan:
No
Nama barang
Jumlah
Biaya
Total
1
Komputer / Laptop
Spesifikasi Komputer :
a. Operating System terinstal Windows 7
b. Processor minimum dual core 1 ghz
c. Memory RAM 2 GB
d. Hardisk 40 GB
 
55
@ Rp. 1.800.000,-
( Asumsi : komputer/ laptop second )
Rp. 99.000.000,-
 
C. Metode Pemberian Bantuan/ Sumbangan
            Bantuan/ sumbangan dapat diberikan dalam bentuk :
     1. Bantuan Komputer atau Laptop langsung diserahkan melalui Tim Pengadaan yaitu Waka bid Sarana Prasarana Bapak Ahmad Zuhdi, S.Pd.
     2. Bantuan berupa dana :
a. Langsung diserahkan ke sekolah melalui Tim Pengadaan dengan alamat SMP Negeri 15 Malang, Jl. Bukit Dieng T/ 8 Malang.
b. Melalui rekening BRI a/n SMP Negeri 15 Malang dengan nomor rekening 2066-01-002324-53-3.
 
D. Pelaporan
            Hasil sumbangan/ bantuan akan dipublikasikan melalui berbagai media sekolah antara lain :
            1. Website, dengan akun : www.smp15mlg.blogspot.co.id.
            2. Instagram, dengan akun : smpn15.mlg.
            3. Majalah sekolah “Mouse News”
            Sekolah dapat menayangkan company profile atau profil perusahaan/ usaha para stake holder sekolah, melalui media sekolah di atas.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
BAB IV
PENUTUP
 
            Dengan disusunnya Proposal Program “One For Fifteen” ini diharapkan agar bantuan ini dapat terealisasi sehingga pengadaan komputer di sekolah kami  dapat terpenuhi. Dengan tersedianya perangkat komputer/ laptop yang memadai dan mendekati Standar Nasional Pendidikan maka diharapkan akan memberikan dampak yang sangat besar bagi peningkatan kualitas pendidikan di sekolah baik akademik maupun non akademik. Namun yang menjadi prioritas adalah mensukseskan UNBK tahun 2018 secara mandiri.
Demikian proposal ini kami buat, besar harapan kami dalam mendapatkan bantuan pengadaan komputer atau laptop tersebut. Kepada semua pihak yang ikut berpartisipasi khususnya masyarakat, alumni SMP Negeri 15 Malang, dan para stake holder, kami ucapkan terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.
Mudah-mudahan Tuhan YME, senantiasa memampukan dan menguatkan agar dapat memberikan sebagian rejeki untuk kepentingan pendidikan yang bermutu di SMP Negeri 15 Malang. Mudah-mudahan setiap amal yang kita berikan menjadi sarana agar kita mendapat karunia dan cinta Tuhan YME, Amin.
 
                                                                                    Malang,         Januari 2018
 
Mengetahui,                                                              
Komite Sekolah                                                                                                                                                      Kepala Sekolah
 
 
Drs. Gatot Soekardi                                                                                                                                        Agus Wahyudi, S.Pd, M.Pd
                                                                                                                                                                          NIP. 19740203 199803 1 009